7 Fitur Pembunuh Daya Baterai Smartphone Paling Mematikan

10.22
VIONEX - Penggunaan smartphone tidak lepas dari masalah pemborosan penggunaan baterai, rata-rata ketahanan baterai hanya bagus pada saat mula anda membeli smartphone dan setelah anda menggunakannya hingga berbulan-bulan barulah akan terasa baterai smartphone boros.

7 Fitur Pembunuh Daya Baterai Smartphone Paling Mematikan

Tahukah anda apa penyebab baterai smartphone itu jadi boros, berikut saya akan berikan beberapa
penjelasan yang menyebabkan baterai smartphone anda jadi boros.

Jaringan 3G dan 4G
Kenapa sampai ada hubungan dengan jaringan, perlu anda ketahui bahwa smartphone yang memiliki jaringan 3G maupun 4G kecepatan internetnya pasti tinggi, untuk mendukung kecepatan internet tinggi tersebut membuat hardware pada perangkat smartphone dituntut untuk bekerja maksimal yang membuat smartphone anda terasa panas. Hal inilah yang menyebabkan baterai terkuras habis.

Jika anda tidak percaya dengan hal tersebut, anda bisa coba buktikan dengan menggunakan smartphone pada jaringan 2G atau jaringan Wifi, saya jamin baterai anda akan bertahan lama, alias hemat.

Layar Besar dan Resolusi Tinggi
Smartphone dengan besar dan reolusi tinggi pastinya memberikan persona terindah saat kita menggunakannya Namun layar yang memiliki resolusi merupakan salah satu hal yang menyebabkan borosnya pemakaian baterai, karena layar smartphone menjadi sebuah komponen yang selalu aktif pada saat kita menggunakan smartphone, otomatis layar akan selalu menyala dan menguras baterai.

Untuk membuktikannya anda bisa cek berapa besar konsumsi baterai smartphone melalui menu setting. Anda akan melihat bahwa display atau layar smartphone menjadi yang paling rakus terhadap daya baterai.

Kamera
Bagi yang suka selfie-selfie wajib harus tau ini. Bagi anda yang memiliki smartphone dengan resolusi kamera yang tinggi jangan berbangga terlebih dahulu walaupun memang kualitas foto yang dihasilkan sangat bagus. Tapi perlu anda ketahui bahwa kamera dengan resolusi tinggi akan membutuhkan daya yang tinggi pula untuk mengoperasikannya. Maka jangan heran jika smartphone anda akan terasa panas ketika anda menggunakan kamera dalam waktu yang cukup lama.

GPS "Global Positioning System"
GPS merupakan fitur khusus yang tersedia pada semua smartphone, kegunaan GPS ini agar smartphone anda bisa langsung berinteraksi dengan satelit guna memberikan pertunjuk jalan secara real time. Cara kerja GPS yang harus selalu aktif dan terhubung jarak jauh dengan satelit membuatnya dapat meningkatkan suhu smartphone serta menguras daya baterai dengan sangat signifikan. Jika GPS dan aplikasi maps diaktifkan terus-menerus, baterai smartphone hanya bisa bertahan sekitar tiga hingga empat jam saja.

Sistem Operasi
Jangan hanya menyalahkan hardware saja. Software pun memiliki andil besar atas tingginya konsumsi baterai sebuah smartphone. Sistem operasi yang dirancang dengan tidak optimal akan memakan banyak resource hardware, seperti memakan banyak kapasitas RAM atau storage. Sistem operasi Android terkenal sebagai OS paling boros. Maka tak heran smartphone Android banyak dibekali dengan baterai berkapasitas besar.

Media sosial
Rasanya tidak ada pengguna smartphone yang tidak menggunakan smartphone miliknya untuk mengakses media sosial. Sayangnya, karakteristik rata-rata aplikasi media sosial dirancang untuk selalu aktif agar pesan yang kita terima dapat sampai dengan tepat waktu. Karena harus selalu aktif setiap detik, maka tak heran aplikasi media sosial menjadi salah satu pembunuh baterai smartphone paling mematikan.

Game HD
Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa game high-definition dapat menguras baterai smartphone dengan begitu cepat. Game HD menuntut hardware di dalam smartphone, seperti prosesor, GPU, RAM, serta storage untuk dapat bekerja secara maksimal. Jadi, semakin lama Anda bermain, semakin lama pula hadware di dalam smartphone bekerja keras. Pada akhirnya, baterai smartphone lah yang menjadi korban. Daya baterai bisa habis dalam waktu tiga jam jika Anda menggunakannya untuk bermain game HD secara nonstop.

Semoga artikel ini bisa memberikan ilmu bagi anda sebagai pembacanya.
Previous
Next Post »
0 Komentar