Cara Mudah Menghapus Jejak Informasi Anda di Internet

10.58
VIONEX - Apakah anda pengguna media sosial di dunia maya? jika iya, pasti anda pernah mengisi beberapa informasi yang berhubungan dengan alamat, email, no hp, tanggal lahir dan informasi penting lainnya. Data informasi yang telah anda cantumkan di media sosial pastinya tidak akan aman dari gangguan tangan-tangan jail atau pihak-pihak asing yang bisa saja menyalah gunakan informasi penting anda tersebut.

Cara Mudah Menghapus Jejak Informasi Anda di Internet

Jika anda sudah merasa tidak aman di dunia maya dan ingin menghapus semua jejak informasi anda yang ada di internet, berikut saya akan berikan beberapa cara yang bisa anda terapkan. Cara ini saya kutip dari CNET.

1. Hapus Atau Nonaktifkan Akun Media Sosial cs
Setiap kali anda mendaftar di berbagai macam media sosial maupun layanan belanja online pasti anda setuju untuk memberikan informasi pribadi kepada penyedia layanan. Hal ini pastinya akan membuat penyedia layanan mengetahui semua informasi mengenai no hp, email, alamat rumah, dan sebagainya.

Untuk menghapus informasinya dari internet, kamu dapat menghapus atau menonaktifkan akun-akun tersebut. Opsi ini selalu tersedia di menu Pengaturan layanan bersangkutan.

2. Hapus Hasil Pencarian
Jika anda pengguna internet, pastinya anda pernah melakukan pencarian di search Google. Tahukah anda, jika setiap pencarian yang anda lakukan di search Google itu akan direkam oleh pihak Google. Nah, riwayat pencarian anda di Google ini harus dihapus agar anda bisa mengamankan informasi pribadi anda. Caranya dengan mengajukan permintaan kepada pihak Google. Kamu tinggal memasukkan URL hasil pencariaanmu ke Google dan tunggu saja agar Google dapat mengabulkan permintaanmu.

Memang tidak ada jaminan Google akan menghapus seluruh informasi tentang Anda, tetapi cara ini patut dicoba.

3. Hapus Akun Email 
Cara ketiga adalah menghapus akun email, cara ini patut untuk dicoba. Perlu kesabaran jika anda ingin menghapus akun email, karena akun email tidak akan langsung hilang dan terhapus seketika. Akun email baru akan terhapus selama beberapa hari dan barulah akun email akan terhapus secara permanen. Jika anda berubah fikiran, anda bisa mengaktifkannya kembali.

Demikian cara menghapus jejak anda di internet, semoga bermanfaat dan bisa dicoba.
Previous
Next Post »
0 Komentar