Superkapasitor Baterai Kecil Tahan Hingga Seminggu

19.44
VIONEX - Perkembangan teknologi memang tidak pernah habisnya, baru-baru ini beredar kabar bahwa ada penemuan sebuah baterai dengan teknologi yang canggih. Baterai ini ditemukan oleh para peneliti dari University of central Florida.

Superkapasitor Baterai Kecil Tahan Hingga Seminggu

Hasil penelitannya mengahasilkan sebuah Superkapasitor yang bisa digunakan untuk membuat baterai yang hanya butuh waktu pengisian dalam hitungan detik saja. Bukan hanya itu, baterai yang menggunakan Superkapasitor akan memiliki ketahanan lama, katanya bisa dipakai hingga satu minggu. Luar biasa bukan?

Walaupun bentuk Superkapasitor hanya berukuran kecil namun para peneliti mengatakan bahwa Superkapasitor memiliki kemampuan untuk menyimpan energi dalam jumlah banyak. Ukuran Superkapasitor tidak lebih dari besar kuku jari. Selain itu, superkapasitor ini juga memiliki ukuran yang tipis dan fleksibel.

Para peneliti pun mengatakan, desainnya yang mungil menjadikan baterai superkapasitor ini bisa digunakan untuk berbagai jenis perangkat yang berukuran kecil. Mulai dari perangkat wearable ataupun smartphone dan tablet. Terlebih, baterai ini memiliki ketahanan hingga 30 ribu kali pengisian. Profesor Niti Choudhary, salah satu peneliti yang turut serta mengatakan, sekali pengisian baterai bisa tahan hingga satu minggu. 

Ketahanan baterai superkapasitor ini jauh lebih tinggi dibandingkan baterai lithium ion. Biasanya, baterai lithium ion hanya mampu tahan antara 300 hingga 500 kali pengisian. Kalaupun masih digunakan, daya tampung energi pada baterai akan mengalami penurunan, hanya mampu menampung 70 persen energi. Sayangnya, teknologi baterai superkapasitor ini masih belum bisa dijumpai di perangkat elektronik yang dijual di pasaran. Meski begitu, potensi kehadiran teknologi baru ini akan bisa terjadi pada beberapa tahun mendatang. Keren loh, tidak perlu mengisi baterai selama seminggu.

Semoga aja tahun depan kita sudah bisa merasakan teknologi baterai superkapasitor ini. 

Sumber : beritateknologi.com
Previous
Next Post »
0 Komentar