5 Tanda Smartphone Android Terserang Malware

08.31
Vionex - Popularitas smartphone android saat ini sudah tidak diragukan lagi, hampir semua lapisan masyarakat menggunakan smartphone Android. Namun, ada beberapa hal yang harus anda waspadai pada saat penginstalan aplikasi, tidak semua aplikasi yang terdapat pada PlayStore itu aman dan asli. Ada beberapa aplikasi yang jika anda install akan menyebabkan smartphone anda mudah untuk diserang hacker. Berikut ini beberapa tanda jika smartphone anda telah terserang malware.
5 Tanda Smartphone Android Terserang Malware
Sumber : liputan6. com
1. Boros Kuota
Jika anda menginstall aplikasi palsu, aplikasi tersebut tidak akan bekerja sebagai mana mestinya. Aplikasi tersebut hanya akan menampilkan banyak iklan terus muncul dan akan menguras kuota anda. Anda akan rugi dan pemilik aplikasi yang bakalan untung.

2. Serangan Iklan
Iklan yang muncul pada saat anda membuka aplikasi bisa saja telah disusupi oelh malware, malware adalah pintu masuk bagi para hacker. Jika smartphone telah terserang malware, hacker akan dengan mudah mengakses kontak, data penting, hingga data perbankan anda.

Platform iklan terbesar seperti Google Adsense saja bisa disusupi malware. Apalagi aplikasi android palsu yang sumber iklannya tidak jelas.

3. Pencurian Data Login
Ketika kalian menggunakan aplikasi palsu dan tidak menyadarinya, tentu ada risiko besar terhadap data-data penting. Hacker di balik aplikasi palsu bisa saja menyimpan data penting seperti nomor telepon dan email.

Aplikasi Android palsu seperti WhatsApp, misalnya, memiliki opsi login. Jadi jika hacker sudah mengetahui data kalian lewat proses login, maka keamanan data bisa saja terancam.

Oleh karena itu, pastikan aplikasi yang digunakan memiliki privacy policy dan permission yang jelas.

4. Maraknya Iklan dan Konten Tidak Senonoh
Menurut beberapa laporan, aplikasi palsu yang banyak di Google Play Store tidak bekerja sesuai dengan aplikasi aslinya. Buktinya, aplikasi WhatsApp palsu tidak bisa digunakan untuk chatting dan hanya berisi laman iklan.

Banyaknya iklan ini akan mempermudah malware untuk masuk ke dalam sistem smartphone. Tidak hanya itu, terkadang juga iklan akan mengarahkan kalian ke konten negatif.

5. Smartphone Jadi Lamban dan Lelet
Jika malware dari aplikasi palsu berhasil memasuki sistem, maka dapat dipastikan performa smartphone turun drastis. Banyak orang merasakan smartphone menjadi lamban setelah memasang aplikasi palsu.

Hal ini jelas karena malware memengaruhi sistem yang ada pada smartphone. Kalian memang bisa menggunakan aplikasi antivirus untuk mendeteksi dan menghapus malware, tapi lebih baik memilih opsi kembali ke pengaturan awal.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Sumber : liputan6. com
Previous
Next Post »
0 Komentar