Hacker Bisa Curi Password Dari Gelombang Otak Manusia

08.53
Vionex
Hebat, itulah kata yang pantas untuk hal ini. Baru-baru ini beredar kabar kalau ternyata Hacker bisa mencuri password hanya dengan memanfaatkan gelombang otak. Kok bisa?.

Para peneliti dari University of Alabama di Brimingham dan University of California Riverside mencoba mengumpulkan data dari EEG (headset electroencephalography) terkait dengan adanya aktivitas di otak sesorang.
Hacker Bisa Curi Password Dari Gelombang Otak Manusia
Sumber : scitechdaily.com

EEG ini merupakan sebuah headset yang biasa dipakai oleh gamers, dengan menggunakan EEG ini para gamers bisa mengendalikan karakter yang dimainkannya dengan memakai sinyal otak. Ternyata, saat tidak sedang bermain gim headset EEG ini juga bisa memonitor gelombang otak seseorang.

Para peneliti menemukan bahwa gamers yang berhenti main gim tetapi tetap menggunakan headset EEG dan memasukkan password ke akun pribadi mereka bisa sangat rentan jadi sasaran hacker.

Dalam melakukan penelitian, peneliti meminta 12 orang menggunakan keyboard fisik untuk mengetikkan PIN dan password secara random, sembari menggunakan headset EEG.

Setelah para gamer ini memasukkan 200 karakter, sebuah algoritma yang dibuat oleh para peneliti rupanya bisa menebak PIN, dengan tingkat kesuksesan hingga 43,3 persen. Sementara, untuk menebak password 6 huruf, tingkat akurasinya mencapai 37,3 persen.

Sumber : liputan6.com
Previous
Next Post »
0 Komentar